-->

PROPOSAL NON PTK SD KELAS IV "PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 MATARAM”

PENGARUH  LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 MATARAM

A. Latar belakang
    Pendidikan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam kehidupan manusia,karna melalui pendidikan, akan dapat mencitakan manusia yang berprestasi,kreatif dan memiliki ide yang cemerlang sebagai bekal untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Sebagaimana pendidikan di atur dalam undang-undang sistim pendidikn nasional (UUSPN) nomor 20 tahun 2003 yang menetapkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bertujuan untuk  berkembangnya potensi peserta didik  agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, berahklak mulia ,sehat, berilmu, cakap, kreatif ,madiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
    Seiring dengan kemajuan zaman, pengetahuanpun juga semakin berkembang, suatu negara bisa lebih maju jika negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang mengetahui berbagi ilmu pengetahuan di samping itu tehnologi yang sedang berkembang pesat sekarang ini. Siswa di arahkan untuk dapat  menjadi  warga negara yang demokratis, bertanggung jawab dan menjadi warga negara yang berguna bagi bangsa dan negara.
    Untuk memberikan motivasi-motivasi tentang pentingnya kehidupan sosial kepada siswa perlu adanya relevan untuk mengembangkan pengetahuan,pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis, dan itu harapkan bisa melahirkan regenerasi yang memiliki kompetensi handal, yang mampu memberi warna dan cita-cita bangsa. Dan jika kita menelaah keberhasiln dalam proses belajar mengajar maka tidak akan terlepas dari dua unsur pokok yaitu unsur guru dan siswa. Guru di tuntut untuk  mampu membimbing  anak kearah kedewasaan sesuai dengan tujuan pedidikan . Nasution mengatakan  fungsi guru yang paling utama adalah memimpi anak-anaknuntuk membawa kearah dan tujuan yang tegas, dalam pengajaranya guru perlu memberikan bimbigan  pemecahan masalah  dalam rangka melatih dan meningkatkan cara berpikir siswa.


   
    Dalam kehidupa sehari-hari anak-anak(siswa) sering kali menjumpai atau mendengar masalah-masalah sosial di lingkunganya.  Sebelum anak-anak datang ke sekolah, mereka telah terbiasa berhubungan dengan hal-hal yang terjadi di sekitar lingkunganya. Mereka bersoalisasi dengan lingkungan  terdekatnya dan tahu bahwa orang tua berkomunikasi dengan orang lain. Anak-anak pun terbiasa menonton acara di televisi dan melihat berbagai kejadian. Mereka melihat orang tuanya membaca koran atau majalah,membayar barang yang di belinya atau bahkan mereka tau orang ruanya tidak ada di rumah karena bekerja. Meskipun kebanyaka anak-anak tersebut hanya menyaksikan apa yang terjadi atau mendengar berbagai informasi dan belum memahami semuanya dengan jelas, mereka mendapatka informasi secara tidak langsung bahwa lingkungan dimana mereka tinggal selalu dipenuhi dengan orang dewasa serta terjadi interaksi antara satu sama lain.    
Namun kenyataan yang ada di sekolah jauh sekali berbeda dengan  apa yang anak-anak harapkan. Saat belajar di sekolah anak-anak jarang sekali di beri gambaran bahwa ilmu sosila adalah keilmuan yang sangat dekat sekali dengan kehidupan mereka. Materi yang di berikan selalu menitik beratkan kepada hafalan tampa ketrampilan yang di perlukan dalam menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-harinya.
Berdasarkan hasil pengamatan tersebut jelaslah terlihat bahwa pembelajaran di kelas tidak sesuai dengan tahapan perkembangan siswa sekolah dasar. Oleh karna itu, agar siswa dapat memahami materi-materi dan tercapainya tujuan pembelajaran di SD, maka tidak cukup dengan metode ceramah, tetapi juga harus di kembangkan model pembelajaran yang membantu siswa untuk lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit.
Untuk itu perlu di upayakan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa agar mnjadi lebih aktif dalam belajar. Salah satunya dengan model pembelaaran ARIAS. model pembelajaran ARIAS membantu siswa dalam memahami dan menenkankan materi pembelaaran yang mebuat siswa tidak jenuh dalam proses belaar mengajar dan fokus pada pelaaran sehigga tercapai tujuan pembelajaran. (keller, john M dan thomas W. Kopp.1987. an aplication of the ARCS model of motivational design , dalam charles M. REIGELUTH (ed), intructional theories  in action 289-319 Hillsdade, NJ :lawrence Erbaum  Associatesv,publishers).
Dari uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis dala penelitian ini mengambil judul” PENGARUH  LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 MATARAM”



C. Rumusan Masalah
Apa saja pengaruh lingkungan sosial yang terjadi yang berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram ?
Faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram selain  pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN 4 Peresak ?

D. Tujuan Penelitian
    Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :
        Untuk mengetahui apa saja pengaruh lingkungan sosial yang terjadi dan berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram.
        Untuk mengetahui faktor apa saja yag mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram selain pengaruh lingkungan sosial
E. Manfaat Penelitian
    1. untuk menigkatkan pengetahuan anak di dalam masyarakat dengan berkembangnya teknologi
    2. agar anak mengetahui perkembangan lingkungan sosial dan tidak tergantung dari apa yang mereka dapatkan di sekolah.
   

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PROPOSAL NON PTK SD KELAS IV "PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 MATARAM”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel